iedath-smile Selamat Datang di Blog iedath-smile yuk kita berbagi informasi baik tips atau trik semoga bermanfaat untuk kita semua Terima Kasih Sudah mengunjungi iedath-smile Gejala Tubuh Kurang Gizi ~ Yuk kita berbagi bersama

Jumat, 20 Juli 2012

Gejala Tubuh Kurang Gizi

Gejala tubuh kekurangan gizi tidak hanya dilihat dari muka pucat dan juga badan kurus. Ketika tubuh sedang mengalami ketidakseimbangan gizi atau kalori, maka ia akan mengirim sinyal, seperti kelelahan, gatal-gatal, sulit untuk berkonsentrasi. Berikut akan dijelaskan apa saja kelainan fungsi organ tubuh yang diakibatkan karena kurang gizi.

Kelelahan

Ketika tubuh mengalami kekurangan zat besi,menyebabkan kita jadi mudah lesu, lelah, sulit untuk berkonsentrasi, tidak mempunyai nafsu makan, dan di bawah mata muncul lingkaran hitam. Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah, sel darah merah adalah komponen yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Disarankan untuk seorang wanita mengasup sekitar 14,8 mg zat besi dan untuk pria 8,7 mg.

Sumber yang paling baik dari zat besi adalah daging merah, telur dan sayuran hijau. Untuk membantu penyerapan zat besi, Anda dapat memanfaatkan vitamin C. Oleh sebab itu, setelah mengkonsumsi makanan dari sumber zat besi dapat meminum segelas jus jeruk.

Gatal-gatal

Tanda yang muncul jika tubuh kekurangan mineral seng atau zinc adalah rasa gatal di kulit. Tanda lainnya yang muncul yakni garis putih di kuku dan luka sulit sembuh. Zinc berguna bagi tubuh untuk membuang karbon dioksida dan diperlukan juga dalam penyembuhan luka.

WHO adalah organisasi kesehatan dunia yang telah memprediksikan sepertiga dari populasi global mengalami kekurangan zinc. Anda juga perlu mewaspadai makanan pada kemasan yang di dalamnya mengandung zat kimia phytates, hal ini mengakibatkan proses penyerapan makanan yang kaya zinc menjadi terhambat.

Makanan yang banyak mengandung zinc, diantaranya serelia utuh, biji-bijian, daging merah dan ikan laut. Makanan lain yang kaya akan zinc adalah tiram.

Nyeri pada bagian lidah

Gejala yang muncul bila kekurangan vitamin B12 atau riboflavin yakni lidah sakit, ujung bibir luka, kelelahan, mata terasa panas seperti terbakar, anemia dan gangguan penglihatan. Kekurangan vitamin B12 paling sering dialami oleh mereka yang sering banyak meminum kopi, pengguna obat sakit lambung, obat penenang dan sering terpapar pengawet bisulfar.

Sumber vitamin riboflavin yang paling baik adalah susu serta olahannya, daging, hati, kuning telur, ragi bir, kuning telur, gandum, bayam, ikan dan unggas.

Selenium adalah antioksidan yang mampu untuk mencegah virus-virus yang berbahaya dan sel yang bisa menyebabkan kanker. Bila tubuh mengalami kekurangan mineral maka sistem imun bisa menurun efektivitasnya sehingga akan lebih mudah untuk sakit dan mempunyai risiko yang besar untuk menderita kanker.

Anda bisa mendapatkan sumber selenium dari bawang putih, jamur, wortel, kubis, hati kerang, lobak, brokoli, daging unggas, salmon, dan ikan tuna.

Kecemasan

Supaya fungsi dari enzim-enzim yang ada di tubuh dapat memetabolisme energi dengan baik maka dibutuhkan magnesium. Oleh sebab itu, adanya defisiensi magnesium menyebabkan kita merasa lelah sepanjang waktu. Magnesium juga sangat dibutuhkan dalam kontraksi otak, transmisi impuls saraf dan pengaturan suhu tubuh. bila kekurangan mineral mengakibatkan kita mudah marah dan cemas.

Sumber dari mineral yakni almond, kacang kedelai, tahu, gandum, kacang-kacangan, tiram, tahu, polong-polongan, kulit padi dan sayuran hijau

Ketombe dan kulit bersisik

Tanda kekurangan vitamin A dapat dilihat dari munculnya ketombe, sering infeksi, kulit bersisik dan mudah terkena flu. Fungsi dari vitamin A adalah melawan infeksi, menjaga kesehatan kulit dan menigkatkan fungsi penglihatan.

Sumber vitamin A bisa didapatkan dari kentang, wortel, pepaya, melon, brokoli, apricot, bayam, labu, kangkung, minyak ikan, susu, semangka dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost