iedath-smile Selamat Datang di Blog iedath-smile yuk kita berbagi informasi baik tips atau trik semoga bermanfaat untuk kita semua Terima Kasih Sudah mengunjungi iedath-smile Seafood Perkecil Risiko Sakit Jantung ~ Yuk kita berbagi bersama

Jumat, 20 Juli 2012

Seafood Perkecil Risiko Sakit Jantung

lobsterSeafood atau makanan laut cukup digemari banyak orang karena rasanya yang gurih dan nikmat, meskipun biasanya seafood dijual dengan harga relatif tinggi. Namun ternyata di balik harganya yang mahal itu selain memiliki rasa yang enak, makan satu porsi makanan laut seminggu sekali bisa mengurangi risiko serangan jantung hingga 50 persen.

Kandungan vitamin, mineral, dan omega 3 pada makanan laut seperti udang, kepiting, cumi, dan kerang, dan ikan salmon dapat membantu memperbaiki kesehatan jantung.
Berikut ini adalah beberapa makanan laut yang dari sisi kesehatan memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

    Kepiting. Makanan laut seperti kepiting kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega-3. Selain itu, kepiting juga kaya akan mineral penting seperti selenium, kromium, kalsium, tembaga dan seng. Kalori dalam kepiting juga rendah yakni  hanya 128 kalori dalam 100 gram.
    Cumi. Cumi-cumi merupakan sumber makanan laut yang kaya akan protein, omega-3,  tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Tembaga pada cumi baik untuk penyerapan tubuh, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah.
    Tiram. Sama seperti makanan laut lainnya, tiram juga mengandung protein, seng, omega-3 dan rendah kolesterol. Pada tiram mengandung banyak asam amino tirosin, yang membantu meningkatkan suasana hati (mood) dan mengatur kadar stres. selain itu, tiram juga banyak mengandung seng yang dapat mendukung kesehatan reproduksi dan seksual, terutama pada pria.
    Remis. Remis adalah bagian dari keluarga ‘moluska’  yang memiliki cangkang eksternal berengsel ganda. Di dalam remis banyak mengandung selenium, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B, seng dan yodium, unsur kimia yang membantu tiroid yang kurang aktif untuk memproduksi tirosin. Selain itu, remis juga dapat  membantu mengatasi kelelahan, kebingungan dan kerusakan saraf karena dalam remis memiliki kandungan tertinggi asam lemak omega-3, asam folat serta vitamin B12.
    Udang. Di dalam udang banyak mengandung vitamin B12 yang diperlukan untuk pembelahan sel dan mineral selenium yang memiliki sifat untuk melindungi dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dan fungsi tiroid.
     Lobster. Lobster adalah salah satu makanan yang dianggap mewah. Di dalam lobster mengandung nutrisi seperti yodium, selenium, vitamin B serta rendah kolesterol dan kalori. selain itu, lobster juga kaya sumber protein yang baik tanpa lemak, dan tinggi vitamin E yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
     Salmon. Ikan salmon  dikenal sebagai sumber  asam lemak Omega-3 terbaik yang dapat melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Asam lemaknya juga dapat memangkas terjadinya kematian dari pasien yang memiliki masalah jantung. Omega-3 pada salmon dapat melindungi kesehatan mata dan mencegah kebutaan yang terkait  degenerasi makula. Yang perlu diwaspadai adalah kadar garam pada ikan salmon yang diasap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost