iedath-smile Selamat Datang di Blog iedath-smile yuk kita berbagi informasi baik tips atau trik semoga bermanfaat untuk kita semua Terima Kasih Sudah mengunjungi iedath-smile Tentang Hosting Gratis, Kelebihan dan Kekurangannya ~ Yuk kita berbagi bersama

Senin, 23 Juli 2012

Tentang Hosting Gratis, Kelebihan dan Kekurangannya

Jika anda ingin membuat sebuah website maka hal pertama yang harus anda lakukan anda mencari web hosting. Ada 2 macam web hosting, yaitu hosting gratis dan hosting berbayar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada banyak layanan hosting gratis saat ini, tipe hosting ini sangat cocok bagi anda yang baru belajar tentang hosting atau tidak mempunyai budget untuk membeli hosting. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari web hosting gratis:

Kelebihan:

1. Tidak perlu biaya
Sesuai dengan namanya, kelebihan yang paling utama dari hosting gratis adalah tidak diperlukan biaya untuk menggunakannya. Anda hanya perlu mendaftarkan diri, berikutnya anda sudah bisa menggunakan hosting yang disediakan.

Kekurangan:

1. Nama domain
Hosting gratis biasanya memberikan nama domain berupa subdomain. Untuk menjadikannya domain utama, anda harus membeli domain TLD dari registrar lain.

2. Disk space terbatas / kecil

Penyedia hosting gratis hampir tidak ada yang menawarkan kuota disk space unlimited. Mereka biasanya memberikan batasan disk space untuk masing-masing pengguna. Bukan hanya dibatasi, jumlah kuota yang diberikan juga kecil, hanya beberapa puluh hingga beberapa ratus MB. Berbeda dengan web hosting berbayar, anda bisa mendapatkan disk space hingga bergiga-giga.

3. Bandwith terbatas

Tidak hanya dalam hal disk space, penggunaan bandwith juga seringkali dibatasi. Jika anda menggunakan bandwith melebihi kuota yang diberikan, website anda bisa disuspend. Maka dari itu hosting gratis kurang sesuai untuk membuat blog dengan traffic tinggi. Pada web hosting berbayar, anda akan mendapatkan cukup banyak bandwith untuk menampung ratusan hingga puluhan ribu traffic dalam sehari. Jika anda menggunakan bandwith melebihi paket, website anda akan disupend sementara waktu hingga anda menambah kuota bandwith. Atau jika anda tidak ingin repot-repot dengan masalah bandwith, anda bisa memilih paket shared hosting unlimited atau beralih ke tipe hosting lain seperti VPS atau dedicated server.

4. Server penuh sesak

Ini sudah tidak asing lagi terjadi pada penyedia hosting gratis. Karena tidak adanya biaya operasional yang dibebankan kepada pengguna, pihak hosting biasanya menjejalkan banyak website pada server mereka. Karena itu jangan heran jika website anda sering mengalami down / tidak bisa diakses.
Provider hosting berbayar sangat menghindari hal ini terjadi. Mereka berusaha menjaga jumlah website / klien pada satu server agar tidak terlalu membebankan kinerja server. Bahkan beberapa hosting menyediakan paket yang lebih ekslusif, seperti business hosting. Plan hosting ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting, namun menyediakan ruang yang lebih banyak untuk website anda. Ini karena pada satu server hanya terdapat beberapa klien saja sehingga anda bisa menggunakan resource dengan lebih leluasa. Jika anda ingin merasakan lingkungan hosting yang lebih ekslusif, anda bisa menyewa 1 server sekaligus (dedicated hosting).

5. Iklan

Ini merupakan salah satu faktor yang banyak dikeluhkan oleh pengguna web hosting gratis. Layanan hosting gratis biasanya mewajibkan penggunanya untuk memasang iklan mereka pada website yang dibuat. Bentuk iklan bermacam-macam, mulai dari iklan banner hingga popup. Iklan-iklan ini bisa membuat visitor tidak nyaman dan menyusahkan anda dalam monetisasi website. Banyak penyedia layanan hosting gratis tidak mengijinkan penggunanya untuk menambahkan iklan lain selain dari mereka.
Ini sangat bertolak belakang dengan layanan hosting berbayar. Semurah apapun harganya, asalkan anda mengeluarkan uang untuk mendapatkannya, maka bisa dipastikan website anda akan bebas dari iklan. Dengan tidak adanya iklan dari provider hosting, anda bisa memonetisasi website anda dengan berbagai iklan seperti PPC, affiliasi, Text link ads, iklan pribadi, dsb.

6. Perubahan Terms and Conditions

Provider hosting gratis bisa merubah peraturan kapanpun mereka mau. Itu karena anda tidak dibebankan biaya dalam bentuk apapun untuk mengggunakan layanan mereka. Jadi sah-sah saja jika mereka merubah TOS jika merasa diperlukan. Pihak hosting bahkan bisa menutup akun anda tanpa alasan yang jelas.
Pada hosting berbayar, TOS biasanya tertera dengan jelas dan mereka tidak akan menggantinya jika memang tidak diperlukan. Kalaupun terjadi perubahan, mereka biasanya memberikan notifikasi kepada para pelanggannya.

7. Customer Support

Hosting gratis biasanya tidak didukung oleh customer support yang baik. Anda mungkin perlu menunggu lama agar masalah anda bisa terselesaikan. Customer support merupakan salah satu faktor penting dari sebuah perusahaan hosting. Karena setiap kali pelanggan menemukan masalah, mereka akan langsung mengontak CS hosting untuk mencari solusi. Layanan pelanggan yang buruk bisa berimbas pada website dan bisnis yang anda jalankan. Misalnya anda memiliki toko online yang sedang mengalami downtime dan tidak tahu penyebabnya. Jika respon dari Tim Support sangat lambat terhadap masalah tersebut, anda bisa mengalami kerugian yang cukup besar.
Dengan pertimbangan ini, anda sebaiknya mencari web hosting yang menyediakan CS baik. Banyak provider hosting berbayar yang memiliki Tim Support baik serta berpengalaman. Mereka bisa menangani masalah anda dalam hitungan menit, sehingga bisa memaksimalkan potensi website anda.

8. Fitur yang kurang powerful

Provider hosting gratis biasanya hanya memberikan fitur hosting standar untuk membangun website. Mereka jarang memberikan fitur-fitur premium kepada penggunanya, seperti chat room, papan pesan, game, dll. Berbeda dengan layanan hosting berbayar, disini anda bisa mendapatkan berbagai fitur penting dan powerful untuk membuat website. Selain itu juga terdapat fitur promosi (seperti kredit iklan gratis) dan layanan optimasi SEO untuk meningkatkan visitor website anda. Layanan seperti ini tidak bisa anda temukan pada penyedia hosting gratis.
Di atas sudah disampaikan kelebihan dan kekurangan layanan hosting gratis serta perbandingannya dengan hosting berbayar. Silakan anda tentukan sendiri ingin menggunakan yang mana. Jika anda ingin belajar menggunakan hosting, maka tidak ada salahnya menggunakan hosting gratis. Sedangkan jika anda ingin membuat website profesional / website dengan prospek bisnis, akan lebih baik jika anda menggunakan layanan hosting berbayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost