iedath-smile Selamat Datang di Blog iedath-smile yuk kita berbagi informasi baik tips atau trik semoga bermanfaat untuk kita semua Terima Kasih Sudah mengunjungi iedath-smile Makanan Ini dapat Membuat Tidur Nyenyak ~ Yuk kita berbagi bersama

Jumat, 20 Juli 2012

Makanan Ini dapat Membuat Tidur Nyenyak

oatmealApa yang kita makan di malam hari ternyata dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas tidur kita. Dengan mudah kita bisa mendapatkan istirahat yang jauh lebih baik dengan hanya melakukan beberapa perubahan serta menambah sejumlah makanan tertentu yang dapat membantu kita tidur.

Satu hal yang perlu diingat, kita tidak perlu menyantap jenis makanan ini sesaat sebelum tidur. Karena, hal ini akan membuat kita terjaga akibat peningkatan aliran darah ke sistem pencernaan.

Berikut ini adalah jenis makanan yang dapat membantu tidur lebih nyenyak:

    Keju cottage. Di dalam keju ini mengandung protein kasein yang diserap secara perlahan oleh tubuh. Kasein akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot setelah beberapa jam dikonsumsi. Selain itu, keju akan membantu  tidur lebih nyenyak karena mengandung asam amino triptofan, yang secara alami akan diubah tubuh menjadi dua jenis hormon yang membantu tidur, yakni melatonin dan serotonin.
    Oatmeal. Kebanyakan orang mengira oatmeal adalah menu untuk sarapan, tapi makanan ini juga berguna di malam hari. Karena, karbohidrat yang terdapat pada oatmeal membantu memicu pelepasan serotonin pada tubuh. Serotonin adalah hormon yang membuat nyaman, menurunkan stres, dan membuat pikiran lebih tenang. Karena oatmeal  dicerna lebih lambat, pemilihan makanan ini tentu sangat tepa dimakan sebelum tidurt.
    Kacang atau selai kacang. Makanan lain yang perlu pertimbangkan untuk memperbaiki kualitas tidur adalah kacang atau selai kacang alami. Kacang adalah sumber alami niasin, nutrien yang dapat membantu pelapasan serotonin dalam tubuh.   Kedua jenis makanan ini mengandung lemak dan kalori yang sedikit lebih tinggi. Oleh sebab itu, kita harus bijak mengatur porsinya. Dengan mengonsumsinya secara moderat, kedua jenis makanan ini dapat membantu keberhasilan dalam pengaturan diet. Untuk mendapat hasil yang baik, sajikan selai kacang dengan roti gandum utuh.
    Susu hangat. Minuman susu hangat dapat membantu kita supaya cepat tidur. Karena di dalam susu  mengandung triptofan. Menyajikan susu dalam bentuk minuman hangat akan membuat pikiran lebih tenang dan rileks. Selain itu, susu juga mengandung kalsium yang akan membantu otak untuk mengatur produksi hormon melatonin, yang secara alami berfungsi mengatur siklus tidur setiap hari.Tambahkan madu alami jika lebih suka rasa manis dan madu tersebut akan menambah karbohidrat untuk membantu pelepasan serotonin.
    Anggur. Buah anggur adalah satu-satunya yang mengandung hormon melatonin. Oleh karena itu, dengan menambahkan buah ini secara teratur pada menu makanan kita, upaya tubuh untuk membentuk siklus tidur-bangun secara alami akan terbantu. Dan hasilnya kita akan bisa tidur lebih cepat dan nyenyak setiap malam. Cara menyajikannya, kita dapat mencampur potongan anggur dalam semangkuk yoghurt.
    Pisang. Pisang ini berfungsi seperti layaknya pil tidur. Karena kandungan magnesium di dalam pisang dapat membuat otot pada tubuh lebih rileks. Selain itu, Melatonin dan serotonin membuat kita merasa tenang.

Konsumsilah makanan tersebut satu atau dua jam sebelum kita beranjak ke tempat tidur. Hal ini akan memberi kesempatan bagi proses pencernaan sehingga efek atau khasiat makanan ini akan lebih terasa manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost