iedath-smile Selamat Datang di Blog iedath-smile yuk kita berbagi informasi baik tips atau trik semoga bermanfaat untuk kita semua Terima Kasih Sudah mengunjungi iedath-smile Telinga Berdengung Adalah Gejala Gangguan Kesehatan ~ Yuk kita berbagi bersama

Jumat, 20 Juli 2012

Telinga Berdengung Adalah Gejala Gangguan Kesehatan

Walaupun sudah yakin membersihkan telinga dengan sangat bersih, namun tidak jarang juga yang masih ada yang merasa terganggu dengan suara berdengung yang terdengar di telinga. Apakah Anda salah satu orang yang mengalami hal ini?

Hasil dari penelitian Mayo Clinic, warga Amerika sebanyak 20 persennya mengalami telinga yang berdengung. Mayo Clinic sendiri merupakan lembaga swadaya masyarakat yang lebih berkonsentransi terhadap penelitian dan juga praktek dalam bidang medis.

Jika dilihat dari kacamata kedokteran, istilah yang banyak beredar di masyarakat tentang perasan bising di telinga atau sensasi berdengung adalah tinnitus. Para ahli kesehatan dahulu mendifinisikan tinnitus sebagai sebuah penyakit yang terjadi pada indera pendengaran. Tetapi, saat ini mereka sudah mengelompokkan tinnitus ini ke dalam gejala-gejala yang menjadi pertanda adanya suatu masalah lain dalam kesehatan.

Banyak sekali penyebab yang membuat telinga Anda menjadi berdengung. Bahkan beberapa adalah sebuah gejala yang ada dari gangguan kesehatan. Contohnya seperti bunyi bel atau lonceng yang membuat Anda merasa bising karena mendengar bel tersebut, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan Anda.

Apapun yang menjadi penyebabnya, sebaiknya periksakanlah ke dokter bila kondisi tersebut Anda alami terus menerus. Penyebab dari berdengungnya telinga akan coba diperiksa dan didiagnosis oleh dokter. Dengan tindakan seperti ini akan memudah dalam mengobati telinga yang berdengung dan juga segera mengetahui penyebabnya yang sangat berguna bagi perawatan lebih lanjut.

Berikut ini ada beberapa penyebab telinga berdengung atau tinnitus:

Stres

Kemungkinan tinnitus yang tinggi dapat terjadi jika Anda sedang mengalami stres dan depresi yang cukup tinggi. Seringkali Anda tidak mengetahui jika fisik dan juga mental Anda dalam kondisi stres. Gejala stres yang sering terjadi adalah timbulnya perasaan cemas, nyeri otot dan akan lebih emosional. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi stres bisa memicu timbulnya perasaan cemas dan emosional berlebih. Dan stres sendiri bisa memicu timbulnya tinnitus. Kesimpulannya, bila Anda merasa bahwa telinga berdengung, bisa jadi kondisi Anda pada keadaan stres. Segeralah lakukan penanganan, karena kemunculan stres bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih banyak lagi.

Tekanan darah tinggi atau rendah

Telinga yang berdengung bisa jadi suatu pertanda bahwa tekanan darah sedang tinggi dan bisa jadi juga dalam kondisi yang sebaliknya yakni sangat rendah. Stres yang Anda alami merupakan efek dari tekanan darah tinggi. Lakukanlah pemeriksaan supaya tinnitus dapat segera dipastikan penyebabnya.

Suara keras

Sebagai fungsinya dalam mendengar, telinga tentunya mempunyai batasan kemampuan. Manusia mempunyai kemampuan mendengar suara pada frekunsi antara 20 Hertz sampai 20 KHertz. Walaupun begitu manusia masih mempunyai kemampuan untuk mendengar dalam batas maksimal 20 KHertz, tapi batas maksimal ini bisa merusak sistem pendengaran Anda. Imbasnya sendiri dapat muncul tinnitus. Oleh sebab itu mendengarkan music yang terlalu keras. Bila Anda mempunyai niatan untuk menonton konser, tidak ada salahnya juga bila Anda menyiapkan penyumbat telinga.

Alergi

Penyebab lain telinga berdengung adalah alergi. Memang alergi bisa memicu lendir menjadi menumpuk pada bagian tengah telinga. Hal ini bisa mengakibatkan telinga mengalami suatu tekanan yang lebih besar. Bila kondisi ini dibiarkan terus akan memburuk karena adanya suatu kerentanan infeksi dalam telinga.

Meniere’s disease

Perlu diketahui juga, bahwa selain fungsinya sebagai alat pendengaran, ternyata telinga juga dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh. bila pada bagian di dalam organ ini terdapat kelainan, maka bisa berimbas terhadap bagian tubuh lain. Sering disebut juga gangguan pada telinga bagian dalam dengan meniere’s disease. Hal ini bisa mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran yang berbeda-beda.

Terjangkitnya meniere’s disease dapat dilihat dari salah satu gejala seperti telinga berdengung. Anda perlu mewaspadai kondisi seperti ini dan segeralah lakukan pemeriksaan pada dokter spesialis THT supaya dapat diketahui lebih lanjut untuk mengetahui langkah antispasi meredakannya.

Janganlah sekali-kali menganggap remeh telinga berdengung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Terkait :

Loading...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost